Iniliah Prinsip Seorang Bob Sadino

bob sadinoMenjadi pengusaha adalah cita-cita yang diidamkan banyak orang. Bagaimana tidak, seorang pengusaha adalah bos untuk dirinya sendiri dan beribu karyawan. Menjadi seorang pengusaha adalah sebuah profesi yang akan mendatangkan kekayaan bagi Anda. Begitu juga bagi Bob Sadino. Pengusaha yang jungkir balik dalam merintis usahanya ini adalah pengusaha yang terkenal nyentrik dan nyeleneh. Pakaian kesukaanya adalah celana pendek dan kemeja dengan dua kancing dibuka. Penasaran dengan kata-katanya yang nyeleneh namun merubah cara berpikir kita? Berikut kami sarikan prinsip dan pemikiran dari salah satu pengusaha tersukses di Indonesia, Bob Sadino.

  1. Menurut Om Bob, Orang Goblok itu punya satu ide dan akhirnya menjadi terealisasikan, tapi orang pintar itu idenya banyak tapi gak ada yang terwujudkan. Ya, karena kebanyakan ide.
  2. Orang pintar itu kebanyakan mikir, pemikirannya bercabang-cabang, jadi tidak fokus. Orang goblok mikirnya sedikit hal, tapi ia fokus akan hal tersebut.
  3. Bebas dari tiga buah belenggu. Pertama belenggu ketakutan. Menurut Om Bob jangan jadi orang yang pengecut dan takut terhadap suatu hal. Sebaliknya, Anda harus berani dalam setiap hal dan dalam mengambil keputusan. Kedua, belenggu harapan. Jangan berharap terlalu tinggi dan kemudian harapan tersebut dihempas ombak dan tak berbekas. Maka, jalanilah saja semuanya selancar mungkin. Terakhir, belenggu jalan berpikir. Banyak orang, terutama mahasiswa yang njlimet dengan pikirannya sendiri karena kenyataan di masyarakat berbeda dengan yang dipelajari di bangku sekolah atau kuliah.
  4. Goblok itu bagaikan air sungai. Jika ada batu besar yang menghalangi ya bermanuver ke kanan dan ke kiri. Lewati setiap rintang yang ada. Juga layaknya sungai di Indonesia, air sungai harus siap dikencingi dan dibuangi sampah.
  5. University of Life. Ya, Om Bob menekankan hal ini dengan sangat. Menurutnya, sekolah yang paling baik bagi kita adalah sekolah jalanan, atau belajar dari masyarakat sekitar. Ya, menurut Om Bob, banyak realitas yang berbeda dari pelajaran di sekolah dengan realitas masyarakat.
  6. Orang goblok itu pengennya kerja dan mendapatkan uang secara cepat. Hal itu dilakukan agar dapat menggaji karyawannaya. Sedangkan orang pintar belajar sekeras mungkin untuk mendapatkan gelar sarjana guna melamar kerja ke tempat orang goblok tersebut.
  7. Kesuksesan bagi Bob Sadino tak ubahnya titil kecil di atas bukit penderitaan. Dia merasa kalau gagal itu adalah hal yang baik. Karena dengan mengalami kegagalan, seseorang akan belajar untuk menjadi lebih baik dan tidak mengulangi kesalahannya lagi.
  8. Orang goblok itu tidak bisa melakukan segala sesuatu seorang diri. Maka ia membutuhkan orang pintar untuk dikerjakan. Yaitu mereka dengan segala gelar sarjana.
  9. Orang goblok itu tidak neko-neko. Mereka hanya berharap hari ini perutnya dapat terisi. Sedangkan orang pintar itu mau berhasil terus, padahal kesuksesan dicapai karena telah menempuh waktu yang digunakan untuk mengembangkan usahanya.
  10. Bob Sadino senang kala bertemu orang-orang baru. Ia menganalogikan dengan gelas yang ia kosongkan dulu sehingga siap untuk mengisinya dengan “air” dari orang baru tersebut.
  11. Om Bob tidak punya rencana di hidupnya. Bila Anda hanya mendengar kalimat ini saja pastilah Anda mengernyitkan dahi membacanya. Namun, ada balik kepercayaan yang dipegangya untuk kalimat di atas, yaitu ia yakim bahwa ada Sang Maha Kuasa yang telah mengatur hal itu, maka ia tinggal menjalankannya saja.
  12. Kalau orang pintar terjerembab dalam jurang kegagalan, maka ia tidak mau mengakui kegagalannya dan seakan mencari dalih untuk itu. Namun, bagi orang goblok, gagal ya gagal, dan tidak ada yang disembunyikan. Hal ini lantaran mereka merasa sedang belajar dan kegagalan adalah hal yang lumrah.
  13. Orang itu sering melihat dari luarnya saja, seperti melihat bahwa saya gila, katanya. Namun, ketika Bob berhasil barulah orang-orang tahu bahwa yang ia lakukan dan ia pikirkan adalah suatu yang akan mendatangkan kekayaam secara cepat.
  14. Orang goblok itu cuma tahu cara cepat dapat uang. Dia tidak memikirkan hal lainnya. Sampai pada akhinya dia ketemu maslah baru dia memikirkan bagaimana cara menyelesaikannya.

Itula beberapa prinsip dan pemikiran dari salah satu pengusaha tersukses di bidang peternakan dan perkebunan ini. Bukan asal sebut ketika ia mengucapkan kata-kata di atas, melainkan diucapkan dengan melewati pengalamannya dahulu yang berbanding 180° dibanding sekarang. Bukan suatu kesalahan pabila Anda mencomot ide dan pemikiran dari seorang Bob, toh sudah terbukti usahanya ini adalah usaha yang begitu sukses.